KRITIK TIPIKAL


KRITIK ARSITEKTUR TIPIKAL

M  E  T  O  D  E     K  R  I  T  I  K     T   I   P   I   K   A   L

•Studi tipe bangunan saat ini telah menjadi pusat perhatian teoritikus dan sejarawan arsitektur karena desain menjadi lebih mudah dengan mendasarkannya pada type yang telah standard, bukan pada innovative originals(keaslian inovasi)

•Studi tipe bangunan lebih didasarkan pada kualitas, fungsi(utility) dan ekonomi lingkungan arsitektur yang telah terstandarisasi dan terangkum dalam satu typologi

•Menurut Alan Colquhoun (1969), Typology & Design Method, in Jencks, Charles, “Meaning in Architecture’, New York: G. Braziller: Type pemecahan standard justru disebut sebagai desain inovatif. Karena dengan ini problem dapat diselesaikan dengan mengembalikannya pada satu convensi(type standard) untuk mengurangi kompleksitas.

•March, Lionel and Philip Steadman (1974), The Geometry of Environment, Cambridge : MIT Press, bahwa pendekatan tipopolgis dapat ditunjukkan melalui tiga rumah rancangan Frank Lloyd Wright didasarkan atas bentuk curvilinear, rectilinear dan triangular untuk tujuan fungsi yang sama.

•Typical Criticsm diasumsikan bahwa ada konsistensi dalam pola kebutuhan dan kegiatan manusia yang   secara tetap dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan lingkungan fisik


E L E M E N    K R I T I K   T I P I K A L
Struktural (Struktur)
Tipe ini didasarkan atas penilaian terhadap lingkungan berkait dengan penggunaan material dan pola yang sama.
•Jenis bahan
•Sistem struktur
•Sistem Utilitas dan sebagainya.


Function (Fungsi)
Hal ini didasarkan pada pembandingan lingkungan yang didesain untuk aktifitas yang sama. Misalnya sekolah akan dievaluasi dengan keberadaan sekolah lain yang sama.
•Kebutuhan pada ruang kelas
•Kebutuhan auditorium
•Kebutuhan ruang terbuka dsb.


Form (Bentuk)
•Diasumsikan
Bahwa ada tipe bentuk-bentuk yang eksestensial  dan memungkinkan untuk dapat dianggap memadai bagi fungsi  yang sama pada bangunan lain.
•Penilaian secara kritis dapat difocuskan pada cara bagaimana bentuk itu dimodifikasi dan dikembangkan variasinya.
•Sebagai contoh bagaimana Pantheon telah memberi inspirasi bagi  bentuk-bentuk bangunan yang monumental padamasa berikutnya.

MenurutMc. Donald (1976), The Pantheon, Cambridge: Harvard : Secara simbolis dan ideologis Pantheon dapat  bertahan karena ia mampu menjelaskan secara  memuaskan dalam bentuk arsitektur, segala sesuatunya secara meyakinkan memenuhi kebutuhan dan inspirasi utama manusia.  Melalui astraksi bentuk bumi dan imaginasi kosmos dalam bentuk yang agung. Arsitek Pantheon telah memberi seperangkat simbol transedensi agama, derajad dan kekuatan politik.



K E U N T U N G A N   M E T O D A    K R I T I K   T I P I K A L
•Desain dapat lebih efisien dan dapat menggantungkan pada tipe tertentu
•Tidak perlu mencari lagi panduan setiap mendesain
•Tidak perlu menentukan pilihan-pilihan visi baru lagi
•Dapat mengidentifikasi secara spesifik setiap kasus yang sama
•Tidak memerlukan upaya yang membutuhkan konteks lain


K E R U G I A N  M E T O D A       K R I T I K   T I P I K A L

1.Desainhanyadidasarkanpadasolusiyang minimal
2.Sangat bergantung pada tipe yang sangat standard
3.Memiliki ketergantungan yang kuat pada satu type
4.Tidak memeiliki pemikiran yang segar
5.Sekadar memproduksi ulang satu pemecahan


A K I B A T   Y A N G   D I T I M B U L K A N    K R I T I K   T I P I K A L

•Munculnya Semiotica dalam arsitektur,  satu bentuk ilmu system tanda (Science of sign systems) yang mengadopsi dari tipe ilmu bahasa. Walaupun kemudian banyak pakar menyangsikan kesahihan tipe ini. Dan menyebut Semiotica dalam arsitektur sebagai bentuk PSEUDO THEORITIC
•Munculnya Pattern Language sebagaimana telah disusun oleh Christoper Alexander
•Banyak penelitian yang mengarah pada hanya sekadar penampilan bentuk bangunan
•Lahirnya arsitektur yang tidak memiliki keunikan dan bangunan yang  bersifat  individual.
•Munculnya satu bentuk tipikal arsitektur yang eternal dan menguasai daya kreasi perancang
•Lahirnya periode historis suatu konsep menjadi sebuah paham yang bersifat kolektif



CASE STUDY
Contoh studi tipologi berikut merupakan perbaandingan antara bangunan  yang sama-sama memiliki fungsi mixed use yang memiliki gaya bangunan kontemporer, serta keduanya memiliki system struktur bentang lebar.




1.        P10 Mixed Use Building / Studio Up



·        Architects Studio Up / Lea Pelivan + Toma Plejic

·        Location Split, Croatia

·        Project Team Lea Pelivan, Toma Plejic, Sasa Relic, Marina Zajec, Mojca Smode, Antun Sevsek, Marko Rukavina, Ida Krizaj

·        Client Oramont d.o.o., Split

·        Area 21600.0 m2

·        Project Year 2009

·        Photographs Robert Leš

Bangunan mixed use ini merupakan bagian dari ambisi dan pembelajaran romantis postwar oleh Berislav Kalodjera yang menginginkan adanya hubungan antara ruang punlik terbuka dari arah selatan ke utara peninsula yang terbagi. Site tersindi menjadi void yang seolah berfungsi sebagai nartex terhadap lapangan sport di sebelah utara site.

 




























2. Marina Bay Sands

Owner : Las Vegas Sands Corp
Architect : Moshe Safdie  & Aedas Singapore
Contractor : Ssangyong E&C
Structure Engineer: Arup dan Parsons Brinkerhoff (MEP)


bangunan mixed use ini  merupakan bangunan umum yang terdiri dari beberapa fungsi sebagai convention center, shoping mall, art&science museum, theater, restoran, dan casino. bangunan ini berloasi di selatan marina, pelabukan yang di reklamasi pada akhir 1970 dari distrik bisnis sentral  singapur. Bangunan ini dibangun tidak hanya sebagai pojek gedung biasa, mekaunkan sebuah mikrosom dari budaya, iklim, dan gaya hidup modern singapur. bangunan ini memiliki andil sebagai  gateway singapur dengan posisinya pada waterfront singapur. 


RUANG DAN ZONASI

A















FUNGSI KEBUTUHAN RUANG SECARA UMUM PADA BANGUNAN


  1. ·       houses offices
  2. ·       commercial showrooms
  3. ·       apartments
  4. ·        public garage
  5. museum arkeologi
zonasi













Zona public pada bangunan
Zona pada bangunan ini tersusun rapih dengan pembagian zona public-privat dari laantai dasar ke lantai atas. Zona public sendiri pada bangunan ini berada pada sepanjang lantai dasar dan lantai 1 pada bangunan yang terdiri dari, ruang public, taman, kantor, serta   zona komersil. Sedangkan zona privat (apartment) yag terdiri dari  92 apartment berbeda berada diatasnya untuk kenyamanan penghuni.












































B.












MEMILIKI BERAGAM FUNGSI

1.Hotel
2. Sands SkyPark
3. Casino
4. The Shoppes at Marina Bay Sands
5. Sands Expo and Convention Center
6. Museum of ArtScience
7. Theaters
8. Crystal Pavilions

9. Event Plaza

zonasi

zonasi terbagi menjadi zona publik-privat dari atriu mall-apartment,dengan zona publik terbagi 2. zona publik ke 1 berada di sepanjang atrium pada lantai,
pada lantai teratas bangunan (skypark) merupakan zona publik ke 2 dengan fasilitas hotel yang merupakan area publik penghuni.


STRUKTUR

A














Sistem struktur bangunan ini memiliki system struktur dengan grid yang sederhana tidak terlalu banyak menggunakan kombinasi struktur yang kompleks selain dikombinasikan dengan penggunaan corewall untuk penggunaan utilitas lift.

B.

bangunan ini menggunakan sistem hybri yaitu penggabungan sistem dan bahan material untuk menjadikan suatu sistem struktur lebih fleksibel di dalam penggunaan dan karakter serta pelaksanaannnya. sisitem yang di gunakan diantarannya adalah shear wall,  struktur rangka beton, dan pondasi bor pile serta penggunaan tuned mass damper pada bangunan sky park sebaagai alat untuk menahan balance bangunan skypark yang merupakan kantilever diatas ketinggian 50meter yang rawan dengan pergerakan angin.









UTILITAS

A














Utilitas pada bangunan pada bangunan ini di ranang dengan baik dengan penyebaran yang merata, mengingat bangunan merupakan bangunan bentang lebar. Core yang memprovide tangga,lift dan toilet berada / memiliki jarak 25m antara 1 dengan yang lainnya.


B.

utilitas di bangunan ini secara umum memiliki pembagian rata pada setiap bentang jarak antar persebaaran utilitas. penyebaran utilitas terbagi rata padda setiap tower di bawah bangunan bentang lebar skypark.













INTERIOR

A




















Interior pada bangunan ini di buat dengan kesan homey, oleh karena itu penggunaan material pada interior di desain terkesan natural/alami, tidak seperti fasadnya yang terlihat kontemporer. Penggunaan material alammi dapat dilihat dar penggunaan lembaran semen fibre, double façade yang di peroleh dari pabrik local.



















B














Interior pada bangunan ini sesuai denga fasad /eksteriorbangunan dimana ekterior bangunan menggunakan konsep modern yang melambangkan kemodernan singapur.


















KESIMPULAN


Kedua bangunan hanya terpaut 1 tahun masa konstruksi tapi memiliki gaya kontemporer dan kesan yang berbeda. Marina Bay Sands memiliki skala dan cakupan yang lebih luas dan kompleks di bandingkan bangunan P10 yang sama sama merupakan bangunan mmixed use. Marina Bay Sands memiliki skala yang mengarah ke arah internasional dan menjadi ikon negara singapur, sementara PD10 cakupannya lebih lokal. Kedua bangunan sama-sama memiliki gaya  moderen yang saling harmoni dengan lingkungannya masing-masing, namun gaya modern Marina Bay Sands terasa lebih eksplisit dibanding dengan PD10.  Zonasi pada bangunan keduanya sama-sama menggunakan lantai dasar menjadi area publik, namun pada Marina terdapat 2 area publik karena pembagian ruang dan fungsi yang lebih kompleks. 

Comments

Popular posts from this blog

ANALOGI DALAM ARSITEKTUR

KRITIK ARSITEKTUR - KRITIK NORMATIF

Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan